Makalah APE Indoor dan Outdoor

 MAKALAH

ALAT PERMAINAN INDOOR DAN OUTDOOR

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bermain dan Permainan Anak

Dosen Pengampu: Deby Indriani Rahmawan, M.Pd









Oleh:

Wahyu Putri Prihatin

NIRM/NIMKO: 2019.520.148.030


PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI 

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH

TEMPURREJO - NGAWI

TAHUN AJARAN 2019/2020



BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Dunia pendidikan tingkat kanak-kanak adalah sebuah dunia yang tidak terlepas dari bermain dan juga berbagai alat permainan anak-anak. Dengan bermain, anak akan memperoleh pelajaran yang mengandung aspek perkembangan kognitif, sosial, emosi dan perkembangan fisik. Bermain merupakan sarana untuk menggali pengalaman belajar yang sangat berguna untuk anak. Bermain juga dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kreativitas dan daya cipta, karena bermain merupakan sumber pengalaman dan uji coba. Salah satu lembaga pendidikan yang berperan penting dalam proses pembelajaran dan peningkatan mutu dunia pendidikan kanak-kanak adalah Taman Kanak-Kanak yang disingkat menjadi TK. Sebagai sebuah taman tentu saja TK merupakan sebuah tempat belajar dan juga bermain kanak-kanak yang memiliki berbagai sarana dan pra sarana untuk mendukung proses pembelajaran dengan baik dan berkualitas.

Sarana bermain anak usia dini dapat berupa bahan atau alat-alat  di lingkungan sekitar anak yang dapat menjadi alat stimulasi untuk memunculkan potensi anak, memaksimalkan, mendeteksi pertumbuhan dan perkembangannya. Sarana bermain tidak harus buatan pabrik, tetapi dapat dibuat sendiri oleh para pendidik dan orang tua yang disesuaikan dengan potensi dan kondisi lingkungan sosial budaya daerah setempat. Pendidik dan orang tua dapat  berperan sebagai pendamping atau ’teman’ bermain yang baik bagi anak sebagai fasilitator dan motivator, sehingga dapat  mengarahkan anak dalam kegiatan bermain  yang  edukatif. Jenis sarana bermain yang sama dapat digunakan oleh anak untuk aktivitas yang berbeda sesuai dengan keinginan atau minat anak.



B. RUMUSAN MASALAH

1. Apa pengertian alat permainan indoor dan outdoor?

2. Apa saja jenis-jenis alat permainan indoor dan outdoor?

3. Apa saja ciri-ciri alat permainan indoor dan outdoor?

4. Apa saja perbedaan alat permainan indoor dan outdoor?




C. TUJUAN 

1. Untuk mengetahui pengertian alat permainan indoor dan outdoor

2. Untuk mengetahui jenis-jenis alat permainan indoor dan outdoor

3. Untuk mengetahui ciri-ciri alat permainan indoor dan outdoor

4. Untuk mengetahui perbedaan alat permainan indoor dan outdoor



BAB II

PEMBAHASAN

A. Pengertian Alat Permainan Indoor dan Outdoor

Menurut Mayke Sugianto. T dalam Badru Zaman, dkk (2007: 63) alat permainan edukatif (APE) adalah permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan. Sementara Badru Zaman (2007: 63) menyatakan bahwa APE untuk anak TK merupakan alat permainan yang dirancang untuk tujuan meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK.

Sedangkan Adams (1975) berpendapat bahwa permainan edukatif adalah semua bentuk permainan yang dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemainnya, termasuk permainan tradisional dan modern yang diberi muatan pendidikan dan pengajaran. Atas dasar pengertian itu, permainan yang dirancang untuk memberi informasi atau menanamkan sikap tertentu, misalnya untuk memupuk semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, termasuk dalam kategori permainan edukatif sebab permainan itu memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif (Adams, 1975). Dengan demikian, tidak menjadi soal apakah permainan itu merupakan permainan asli yang khusus dirancang untuk pendidikan ataukah permainan lama yang diberi nuansa atau dimanfaatkan untuk pendidikan.

Menurut Badru Zaman, dkk (2007: 63) alat permainan dapat dikategorikan sebagai alat permainan edukatif untuk anak TK jika memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:

- Ditujukan untuk anak usia TK.

- Berfungsi mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak TK.

- Dapat digunakan dengan berbagai cara, bentuk dan untuk bermacam tujuan aspek pengembangan atau bermanfaat multiguna.

- Aman bagi anak.

- Dirancang untuk mendorong aktivitas dan kreativitas.

- Bersifat konstruktif atau ada sesuatu yang dihasilkan.


Sedangkan secara prinsipnya APE meliputi :

• Mengaktifkan alat indra secara kombinasi sehingga dapat meningkatkan daya serap dan daya ingat anak didik.

• Mengandung kesesuaian dengan kebutuhan aspek perkembangan kemampuan dan usia anak didik sehingga tercapai indikator kemampuan yang harus dimiliki anak.

• Memiliki kemudahan dalam penggunaannya bagi anak sehingga lebih mudah terjadi interaksi dan memperkuat tingkat pemahamannya dan daya ingat anak.

• Membangkitkan minat sehingga mendorong anak untuk memainkannya.

• Memiliki nilai guna sehingga besar manfaatnya bagi anak.

• Bersifat efisien dan efektif sehingga mudah dan murah dalam pengadaan dan penggunaannya.


Adapun jenis-jenis alat permainan edukatif (APE) berupa alat permainan indoor dan outdoor. Alat peraga edukatif indoor atau biasanya juga disebut dengan mainan APE indoor merupakan sarana edukasi dan bermain yang lazim ditempatkan di dalam ruangan (indoor), dan di peruntukkan untuk anak PAUD dan TK. Alat ini dapat membantu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak didik.

APE indoor 3 jenis cara main yakni, pertama  main sensorimotor, main peran, main pembangunan. Memilih sarana bermain dalam ruang (Indoor) yang di anjurkan adalah:

• memilih alat main berdasarkan dengan umur si anak.

• memilih alat main yang tidak memiliki bau tajam, cat atau warna yang tidak mudah luntur, dan tidak mudah rusak atau hancur jika dimainkan oleh siswa.

• memilih alat main yang membantu perkembangan dan membantu membangun pegetahuan siswa.


Alat peraga edukatif outdoor atau biasanya juga disebut dengan mainan APE outdoor merupakan sarana edukasi dan bermain yang berada di luar ruangan. Alat ini dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran, sarana bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukasi) dan dapat mengembangkan seluruh aspek tumbuh kembang pada anak usia dini. APE outdoor ini dapat bermanfaat untuk menunjang atau menstimulasi tumbuh kembang motorik kasar anak, sosial anak, dan psikis anak. Biasanya anak-anak yang bermain di luar ruangan atau rumah akan cenderung mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, dibandingkan dengan anak-anak yang lebih sering bermain didalam ruangan atau rumah saja. Alat ini juga dapat berguna bagi tumbuh kembang kelima panca indera anak. 


B. Jenis-Jenis Alat Permainan Indoor dan Outdoor

  • Jenis-Jenis Sarana Bermain Dalam Ruangan (Indoor)

Sarana bermain anak di dalam ruangan dikategorikan ke dalam 3 jenis sarana main, yakni main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan. Adapun penjelasan masing-masing sarana bermain dalam ruangan adalah sebagai berikut :

1. Main sensorimotor adalah permainan yang memfungsikan kelima panca indera anak didik seperti perabaan, pengecapan, pendengaran, penglihatan, dan penciuman. Contoh APE Dalam Ruangan (Indoor) Sensorimotor : kubus kain, buku bergambar, adonan tepung diberi warna (clay), alat musik tradisional (marakas, angklung, drum, tamborin, dll), kancing dan manik-manik, maze, berbagai biji-bijian dan batu, origami,  dls. 



Gambar B.1 drum dan manik-manik


 2. Main peran atau main simbolik adalah permainan yang meningkatkan kemampuan anak didik untuk berimajinasi, berinteraksi sosial dan mengekspresikan pengalamannya dalam mai. Contoh APE Dalam (Indoor) Main Peran/ Main Simbolik : kostum berbagai profesi, perkakas pertukangan anak, boneka tangan, perkakas berkebun anak, perkakas masak-masakan anak, miniatur kendaraan dari bahan alam, miniatur tempat ibadah, congklak, dls. 

Gambar B.2 APE indoor Boneka tangan dan boneka jari


Gambar B.3 alat pertukangan anak


3. Main pembangunan  adalah  permainan yang mendukung anak didik untuk mengembangkan dan mewujudkan gagasan/ide yang ada dalam pikirannya menjadi hasil karya. Contoh APE Dalam (Indoor) Main Pembangunan : puzzle dengan cetakan, puzzle gambar, tangram, balok natural, balok warna, balok susun, menara lingkaran, lego, menara geometri, dls. 

Gambar B.4 beberapa APE indoor balok 


  • Jenis-Jenis Sarana Bermain Luar Ruangan (Outdoor)

1.Mangkok putar

Mainan ini dapat melatih motorik kasar, meningkatkan kinestetik jasmani, melatih keseimbangan tubuh, meningkatkan kecerdasan dalam mengendalikan kemudi, serta melatih daya imajinasi.

2.Jungkat jungkit

Mainan ini dapat melatih keseimbangan, mendorong keberanian dan kepercayaan diri, serta meningkatkan kinestetik jasmani dan melatih motorik kasar.

3.Monkey Bar

Mainan ini bermanfaat untuh meningkatkan kinestetik jasmani, keberanian, dan melatih keseimbangan.

4. Bak Pasir

Mainan ini dapat  melatih motorik halus, meningkatkan daya imajinasi dan membantu anak dalam melepaskan emosi.


5.Perosotan 

Mainan ini dapat melatih kekuatan otot kaki dan tangan saat menaiki tangga perosotan, serta melatih ketangkasan dan konsentrasi anak. 


6. Ayunan

Mainan ini dapat melatih keseimbangan, konsentrasi, dan ketangkasan anak.

Gambar B.5 Ayunan


7. Bola dunia

Mainan ini bermanfaat untuk melatih kekuatan otot, kreativitas, serta daya imajinasi anak. 


8.Jembatan Goyang

Mainan ini bermanfaat untuk melatih keberanian anak, melatih keseimbangan, dan konsentrasi anak. 



Gambar B.7 jembatan goyang


9. Tangga pelangi

Tangga pelangi adalah sejenis permainan yang berbentuk melengkung seperti pelangi dan mempunyai berbagai macam warna di setiap tangganya. Maka dari itu, permainan ini disebut tangga pelangi. Tangga pelangi dapat melatih keseimbangan anak, melatih kekuatan kaki dan tangan, melatih ketertiban, melatih kesabaran dan melatih anak dalam mengenal warna.


10. Terowongan

Terowongan adalah jenis permainan yang terbuat dari tong yang di sambung dan di cat atau bisa terbuat dari plastik dan fiber. Terowongan anak berfungsi untuk melatih kekuatan gerak kaki dan tangan, ketertiban, keberanian dan lain-lain.


C. Ciri-ciri Alat Permainan Indoor dan Outdoor

1. Ciri-ciri Alat Permainan Indoor

• Dibuat dari bahan yang aman, tidak mengandung bahan berbahaya, seperti logam berat, merkuri, dls.

• Tidak mudah terbakar.

• Ukurannya tidak terlalu kecil, sehingga tidak tertelan.

• Ukurannya juga tidak terlalu besar, sehingga anak dapat menggenggam dan memegangnya.

• Tidak mudah luntur jika kontak dengan tubuh anak.

• Tidak berbau dan lengket.

• Tidak berjamur dan berkarat.

• Bentuknya tidak tajam/runcing

• Melatih daya fantasi anak


2. Ciri-ciri Alat Permainan Outdoor

• Ukurannya cenderung besar, sehingga dapat digunakan bersama.

• Dalam penggunaannya memerlukan pengawasan.

• Bertujuan melatih fisik anak (motorik kasar).

• Dibuat dari bahan yang keras dan kuat, sehingga tidak mudah patah.

• Awet (tidak mudah rusak)

• Membuat anak terlibat aktif

• Membentuk semangat kerja sama antarteman



D. Perbedaan Alat Permainan Indoor dan Outdoor

Alat permainan indoor cenderung melatih daya imajinasi, kreativitas, konsentrasi, menstimulus dalam olah bahasa/kecerdasan linguistik, melatih sosial emosional dan motorik halus. Sedangkan alat permainan outdoor cenderung melatih ketangkasan, keseimbangan, kekuatan otot, motorik kasar anak dan fisik, mengembangkan kinestetik, konsentrasi, dan kelincahan anak, serta melatih kekompakan anak. 





BAB III

PENUTUP


A.Kesimpulan 

1. Adams (1975) berpendapat bahwa permainan edukatif adalah semua bentuk permainan yang dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemainnya, termasuk permainan tradisional dan modern yang diberi muatan pendidikan dan pengajaran.

2.Adapun jenis-jenis alat permainan edukatif (APE) berupa alat permainan indoor dan outdoor.

3.  Alat peraga edukatif indoor atau biasanya juga disebut dengan mainan APE indoor merupakan sarana edukasi dan bermain yang lazim ditempatkan di dalam ruangan (indoor), dan di peruntukkan untuk anak PAUD dan TK.

4. APE indoor 3 jenis cara main yakni, pertama  main sensorimotor, main peran, main pembangunan.

5. Contoh APE indoor sensorimotor : kubus kain, buku bergambar, animasi kreatif, clay, alat musik tradisional, kancing dan manik-manik, maze, berbagai biji-bijian dan batu, origami,  dls.

6. Contoh APE indoor main peran : kostum berbagai profesi, perkakas pertukangan anak, boneka tangan, perkakas berkebun anak, perkakas masak-masakan anak, miniatur kendaraan dari bahan alam, miniatur tempat ibadah, congklak, dls. 

7. Contoh APE indoor main pembangunan : puzzle dengan cetakan, puzzle gambar, tangram, balok natural, balok warna, balok susun, menara lingkaran, lego, menara geometri, dls.

8. Alat peraga edukatif outdoor atau biasanya juga disebut dengan mainan APE outdoor merupakan sarana edukasi dan bermain yang berada di luar ruangan. 

9. Contoh APE luar ruangan (Outdoor) : mangkok putar, jungkat-jungkit, monkey bar, bak pasir, perosotan, ayunan, bola dunia, jembatan goyang, tangga pelangi, terowongan, dls. 

10. APE outdoor bermanfaat untuk menunjang atau menstimulasi tumbuh kembang motorik kasar anak, sosial anak, dan psikis anak.

11.Ciri-ciri alat permainan indoor, ialah dibuat dari bahan yang aman, tidak mengandung bahan berbahaya, tidak mudah terbakar, ukurannya tidak terlalu kecil, ukurannya juga tidak terlalu besar, tidak mudah luntur jika kontak dengan tubuh anak, tidak berbau dan lengket, tidak berjamur dan berkarat, bentuknya tidak tajam/runcing, melatih daya fantasi anak. 

12. Ciri-ciri alat permainan outdoor, antara lain ukurannya cenderung besar, sehingga dapat digunakan bersama, dalam penggunaannya memerlukan pengawasan, bertujuan melatih fisik anak (motorik kasar), dibuat dari bahan yang keras dan kuat, awet (tidak mudah rusak), membuat anak terlibat aktif, membentuk semangat kerja sama antarteman. 

13. Perbedaan alat permainan indoor dan outdoor, yaitu alat permainan indoor cenderung melatih daya imajinasi, kreativitas, konsentrasi, menstimulus dalam olah bahasa/kecerdasan linguistik, melatih sosial emosional dan motorik halus. Sedangkan alat permainan outdoor cenderung melatih ketangkasan, keseimbangan, kekuatan otot, motorik kasar anak dan fisik, mengembangkan kinestetik, konsentrasi, dan kelincahan anak, serta melatih kekompakan anak.


B. Saran

Dalam makalah ini penulis memberikan saran kepada pembaca agar ikut peduli dalam mempelajari tentang alat permainan edukatif indoor dan outdoor. Penulis berharap dengan bertambahnya ilmu salah satunya melalui makalah ini kita dapat memperbaiki kualitas pendidikan melalui sarana dan prasarana dengan APE indoor dan outdoor. Sebab kualitas diri pada setiap individu itu sangat penting. Individu-individu yang berkualitas akan membentuk masyarakat dan bangsa yang bermutu. Perbaikan kualitas pendidikan dapat diupayakan dengan memfasilitasi anak didik sebaik mungkin. Pengetahuan tiada gunanya apabila kita pendam, maka dari itu, marilah kita mengamalkan ilmu yang bermanfaat. Semoga dengan makalah ini pembaca dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan.



DAFTAR PUSTAKA


Arif, Immawan Muhammad. 2016. Alat Permainan Edukatif Outdoor yang Digunakan Mengembangkan Motorik Kasar di TK Sekecamatan Wonosari Gunungkidul, Yogyakarta : UNY. hlm. 7. /Jurnal, FIP, Jur. PGPAUD.

Fuatul. 2017. Makalah Alat Permainan Edukatif (APE). Diakses dari http//dfuatul.blogspot.com/2017/09/makalah-alat-permainan-edukatif-ape.html, pada 18 April 2020 pukul 15.53 WIB. 

Hijriati. 2017. Peranan dan Manfaat APE untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Aceh : Unsyiah. hlm. 4-5.

Ismail, Andang. 2006. Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif). Yogyakarta : Pilar Media. hlm. 166.

Maghfiroh, Laila. 2010. Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Anak di TK Terpadu Tarbiyatul Athfal Jepara. Yogyakarta : UIN SUKA. hlm. 57. /Skripsi, Fak. Tarbiyah, Jur. PAI.

Seramoe. 2013. Alat Permainan Edukatif (APE). Diakses dari http://seramoe- printstation.blogspot.com/alat-permainan-edukatif.html, pada 18 April 2020 pukul 15.48 WIB.

Syamsuddin, Erman. 2015. Pedoman Sarana Bermain dalam Ruangan (in-door) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kemendikbud RI.  hlm. 9-11.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Alga dan Fungi

Pesona Embung Pandean